Pendampingan Creative Writing Teacher berbasis In On In Service Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru

  • Safriana Safriana Universitas Malikussaleh
  • Mutia Fonna Universitas Malikussaleh
  • Zahratul Fitri Universitas Malikussaleh
Keywords: Pendampingan, Creative Writing, Karya Ilmiah, Guru

Abstract

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menulis karya ilmiah berupa artikel dan dapat memberikan nilai positif untuk pemberdayaan kualitas guru sebagai tenaga profesional. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan berbasis in on in service. Pelaksanaan pendampingan dilakukan secara daring dan luring. Pendampingan secara daring dilakukan dengan melakukan pelatihan webinar yang didampingi oleh tim pada tahapan (in) dengan aplikasi zoom. Pendampingan secara luring dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan pendampingan langsung ke sekolah secara tatap muka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Untuk mengukur ketercapaian dilakukan analisis deskripstif kualitatif dengan metode survey. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil pelaksanaan pendampingan menunjukkan bahwa guru mampu mengubah PTK kedalam artikel ilmiah, mampu menggunakan aplikasi Mendeley dan Zetero dalam menulis artikel dan sumber referensi, dan menghasilkan artikel yang dipublish dijurnal. Hal ini sesuai dengan hasil survey yang menunjukkan respon kemajuan mitra yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istarani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada.
Mia, A., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Guru Sma 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.
Permenpan dan Reformasi Birokrasi. (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Badan Kepegawaian Negara.
Sugiyarti, S., Fitriani, N., & Vebrian, R. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 1–5.
Suhardjono. (2009). Pertanyaan dan Jawaban Disekitar Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Widagdo, A. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29.
Yulhendri, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten
Pasaman Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi. 8(1), 56-59.
Published
2020-11-01
How to Cite
Safriana, S., Fonna, M., & Fitri, Z. (2020). Pendampingan Creative Writing Teacher berbasis In On In Service Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i2.455