KEBOCORAN EXHAUST VALVE MESIN MITSUBISHI 6UEC50LSII DI KAPAL KM. BERKAH 99
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui penyebab kebocoran exhaust valve mesin induk no.1 di kapal; (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mencegah kebocoran exhaust valve mesin induk no.1 di kapal; (3) Untuk mengetahui metode perawatan exhaust valve mesin induk no.1 di kapal. Metode Penelitian menggunakan Studi lapangan (field research) dimana data dan informasi dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kemudian dilakukan Studi Dokumen dan Studi Pustaka (Library Research). Hasil penelitian adalah kesimpulan penyebab kebocoran exhaust valve mesin induk yaitu: Kebocoran pada seating valve karena seating valve retak dan Kebocoran pada permukaan kepala katup karena permukaan yang tidak rata. Kemudian Upaya yang Dilakukan Untuk Mencegah Kebocoran dalah Mengganti seating valve dan Mengatasi Kebocoran pada kepala katup dengan cara memperbaiki permukaan kepala katup dengan valve refacer atau dengan cara diskur antara permukaan katup dengan dudukan katup. Keausan atau kerusakan pada permukaan katup maupun dudukan katup bila melebihi limit maka salah satu atau keduanya harus diganti.