PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING SISWA KELAS X-IPS.1 SMA NEGERI 1 SIMBORO KABUPATEN MAMUJU

  • Sudirman Sudirman
Keywords: komunikasi, matematika, model, problem posing

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengupayakan terjadinya peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran langsung dengan pendekatan problem posing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Simboro semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Siklus I dan Siklus II masing-masing dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Simboro melalui pendekatan problem posing dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata ketiga indikator yang dianalisis yaitu kemampuan identifikasi masalah dimana pada siklus I rata-ratanya sebesar 14,20 dengan standar deviasi 5,51 meningkat pada siklus II menjadi 16,50 dengan standar deviasi 1,83, yang kedua yaitu langkah-langkah dalam penyelesaian masalah dimana pada siklus I rata-ratanya 16,37 dengan standar deviasi 8,03 meningkat menjadi 25,20 dengan standar deviasi 5,69 pada siklus II, dan yang ketiga yaitu kemampuan menyelesaikan masalah dimana pada siklus I rata-ratanya 25,27 dengan standar deviasi 12,69 meningkat menjadi 32,47 dengan standar deviasi 8,29 pada siklus II dan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dari 55,67 dengan standar deviasi 23,55 dari skor ideal 100 pada Siklus I menjadi 73,17 dengan standar deviasi 11,10 dari skor ideal 100 pada Siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa. Keaktivan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas yang menggunakan pendekatan problem posing dapat pula meningkat

References

Arikunto, suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara.
Asikin, Mohammad. 2002. Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Matematika Edisi Khusus. hlm 492-496.
Asri, Marwan dan Wahyu Widayat. 1986. Linear Programing. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Bakhtiar, Amsal. 2004. Filsafat Ilmu. Jakarta. Rajawali Press.
Gintings, Abdorrakhman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Humaniora.
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Jacob, C. 2002. Matematika sebagai Komunikasi. Matematika Edisi Khusus. hlm 378 - 382.
Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Lisnawaty. 2009. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Negeri 1 Maros”. Tesis tidak diterbitkan, Makassar: PPs UNM Makassar.
Mauludin, Ujang. 2005. Matematika Program Ilmu sosial dan Bahasa. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Muhkal, Mappaita. 2009. Hakikat Matematika dan Hakikat Pendidikan Matematika.Diktat kuliah Tidak diterbitkan
Pesta dan Cecep Anwar. 2008. Matematika Aplikasi Untuk SMA dan MA Kelas XII Program Ilmu Alam: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana
Russefendi. 1988. Perkembangan Kompetensi Guru. Bandung: Tarsito.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Diklat instruktur/pengembangan matematika SMU. Widyaswara PPG matematika Yogyakarta.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (konstalasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks.
Sugiman. 2000. Konstruktivisme Melalui Pendekatan Realistik dalam Pengajaran Matematika. Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. hlm 165 - 170.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumardyono. 2007. Tips Dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Yogyakarta: Depdiknas.
Suriasumantri, Jujun S. 1988. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
Susanta, 1994. Program Linear. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Van De Walle, John. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Wardhani, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-04-02