MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS ICT MELALUI PEMBINAAN TERFOKUS DI SMP NEGERI 1 KABUPATEN BANTAENG

Keywords: Model, pembelajaran, matematika,ICT

Abstract

enis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah. Jumlah guru seluruhnya di SMP Negeri 1 Banateng Kabupaten Bantaeng adalah 35 orang. Subyek yang menjadi sasaran penelitian adalah guru junior yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 8 perempuan. Penetapan subyek penelitian didasarkan dari data hasil supervisi yang menunjukkan bahwa mutu proses pembelajaran yang dilaksanakan masih perlu ditingkatkan. Masalah yang diteliti adalah: (1) bagaimanakah cara meningkatkan wawasan kependidikan guru yang bertalian dengan kemampuan mengajar pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabupaten Bantaeng, (2) bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan guru menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis ICT pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabupaten Bantaeng, (3) apakah wawasan kependidikan yang berkaitan dengan kemampuan mengajar dapat ditingkatkan setelah mengikuti pembinaan terfokus pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabupaten Bantaeng, dan (4) apakah kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis ICT dapat ditingkatkan setelah mengikuti pembinaan terfokus pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabuapten Bantaeng. Data wawasan kependidikan yang berkaitan dengan kemampuan mengajar guru dijaring dengan menggunakan tes dan data kemampuan guru  menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media berbasis ICT menggunakan lembar observasi. Jenis data adalah kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan karakteristik distribusi skor wawasan kependidikan yang berkaitan dengan kemampuan mengajar dan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media berbasis ICT pada guru junior. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) wawasan kependidikan yang berkaitan dengan kemampuan mengajar guru dapat ditingkatkan melalui pembinaan terfokus pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabupaten Bantaeng, dan (2) kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media berbasis ICT dapat ditingkatkan melalui pembinaan terfokus pada guru junior di SMP Negeri 1 Bantaeng kabupaten Bantaeng

References

Arikunto.S, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asnawir dan Usman. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Press. Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Danim, S. 2003. Menjadi Manusia Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,Jakarta: Bumi Aksara
Hasrawati. 2007. Computer Pioneer Windows Plus MS. Office xp. Ppb International College Makassar (The Computer School for Profesional). Jakarta.
Ismail. 2002. Model-model Pembelajaran.Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama DirjenDikdasmen Depdiknas. Jakarta.
Informasi (ICT) Sebagai Media Komunikasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.http://wordpress Files.com. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2008.
Mursell J, Nasution S. 1995. Mengajar dengan Sukses (Successful Teaching), Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran Kooperatif.University Press Surabaya.
Nurhayati dan Lukman,W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Prayitno, 1999. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Silfia. 2011. Memecahkan Masalah Dunia.Pendidikan.http://silfiahananisyafei.blogspot.com. Diakses pada tanggal JuNi 2011.
Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudjana, Nana. 2005. Penelitian Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta: Depdikas RI.
Usman, U.M, 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yufiarti. 2003. Penerapan Pembelajaran Kolaboratif.Fasilitator. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasion
Published
2021-04-02
Section
Articles