PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN DALAM MENYUSUN DAN MENGGUNAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN KKG DI SD NEGERI 24 SALEMBA KABUPATEN BULUKUMBA
Abstract
Peningkatan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran dalam Menyusun dan Menggunakan Perangkat Pembelajaran Melalui Kegiatan KKG pada SD Negeri 24 Salemba Kabupaten Bulukumba Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk Peningkatan Profssionalisme Guru Kelas dalam Menyusun dan Menggunakan Perangkat Pembelajaran Melalui Kegiatan KKG pada SD Negeri 24 Salemba Kabupaten Bulukumba Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas pada SD Negeri 24 Kabupaten Bulukumba sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pada siklus I dari 20 responden guru di SD Negeri 24 Kabupaten Bulukumba terdapat 6 orang atau 30,00 % yang berada dalam kategori baik sekali, 12 orang atau 60,00 % yang berada dalam kategori baik dan 2 orang atau 10,00 % berada dalam kategori cukup dan pada siklus II dari 20 responden guru di SD Negeri 24 Kabupaten Bulukumba terdapat 17 orang atau 85,00 % yang berada dalam kategori baik sekali, 3 orang atau 15,00 % yang berada dalam kategori baik. Hal ini menandakan bahwa setelah diberikan tindakan pada siklus II membuat perangkat pembelajaran mengalami peningkatan
References
..............,1998. Petunjuk Teknik Penyelenggaraan KKG SLTP dan SMA. Jakarta Ditjen Dikdasmen
Danin, Sudarwan, 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Professionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia
Moeleong,Lexy,J., 2009. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif,Kualitatif dan R & D). Bandung : CV. Alfabeta
Sukmadinata,N.S, 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sutopo,HB.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press
Wijaya, Ali Aksum, 2006. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Semarang. CV Duta Nusaindo
Zamroni, Dr. 2004. Pedoman Musyawarah Guru Kelas. Jakarta : Depdiknas