PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PADA SD BINAAN WILAYAH I KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA

Keywords: kinerja, guru, supervisi akademik

Abstract

Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar melalui Supervisi Akademik Pengawas pada SD Binaan Wilayah I Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar melalui Supervisi Akademik Pengawas pada SD Binaan Wilayah I Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Subjek penelitian ini adalah Guru SD sebanyak 15 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1). Sebelum diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik pengawas maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 66,33 % pada siklus I dan 77,00 % pada siklus II, berarti ada kenaikan sebesar 10,67 %, 2)Terjadi peningkatan kinerja setelah selesai diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik pengawas maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 77,00 % pada siklus II dan 87,00 % pada siklus III, berarti ada kenaikan sebesar 10,00 %, demikian pula pada siklus I ke siklus III sebesar 20,67. 3)Kinerja guru meningkat pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 66,33 % dan yang tidak tuntas 8 orang atau 53,33% dan 7 orang yang tuntas atau 46,67% , pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,00 % dan yang tidak tuntas 2 orang atau 13,33 % serta yang tuntas 13 orang atau 86,67 %, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 87,00 dan yang tuntas 15 orang atau  100,00 % sedangkan yang tidak tuntas 0 orang atau 0,00 % dan 4).  Aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek, utamanya setelah pengawas menununjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi Akademik bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat

References

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dan Era Globalisas. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.
Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
.2007. Penelitian Tindakan Kepengawasan. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Atmowidiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Pengawas, Semarang: Adhi Waskitho.
Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: Journal Pendidikan.
Sergiovani, Cs. 1975. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 1979. Supercission: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Companya.
Suyanto dan Djihad Hisya. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Adi Cita. Yogyakarta.
Tilaar, 1987. Futurisme dan Pengambilan Kebijakan Pendidikan Menyongsong Abad-21. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Perencanaan Pendidikan IKIP Jakarta.
Yusuf A. Hasan. 2002. Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum. Mekar Jaya. Jakarta.
Published
2021-10-18
Section
Articles