MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 293 TANAH KONGKONG KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Keywords: prestasi, think, pair share, kepala, sekolah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VI SD Negeri 293 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 293 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengejakan soal-soal secara berkelompok serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajarĀ  siswa Kelas VI SD Negeri 293 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus I 57,86 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,78 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 293 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Pendidikan Kewarganegaraan dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Published
2021-10-18
Section
Articles