Pengaruh Motivasi Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Sanrangan Kabupaten Gowa

  • Nurhaedah A
  • Nurfaizah Nurfaizah PGSD Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media audio visual, cerita fiksi, menyimak

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif expost facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk melihat gambaran motivasi orangtua siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan; (2) Untuk melihat gambaran prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan; (3) Untuk melihat pengaruh motivasi orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan. Variabel yang diteliti yaitu motivasi orangtua (X) dan prestasi belajar matematika (Y). Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 69 siswa kelas tinggi yang berasal dari 3 tingkatan kelas yaitu kelas IV, V dan VI. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket tersebut terdiri dari 30 burtir pernyataan. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari 30 burtir pernyataan. Pada analisis statistik deskriptif tingkat motivasi orangtua siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan berada pada kategori sedang dan prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan berada pada kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis mengunakan uji regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres Sanrangan Kabupaten Gowa dengan presentase sebesar 44,2%. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi orangtua, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya semakin rendah tingkat motivasi orangtua, maka semakin rendah pula hasil belajar siswa.

References

Adah, F. N. I. (2020). teori-teori belajar dalam Pendidikan.(R. Permana (ed.)). Edu Puplisher. Amrah, Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66
Aras, Latri. (2012). Peningkatan Prestasi belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Unggulan Watapone. 11(3), 216–266.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziza, F. N., Yunus, M., Indonesia, S. P. B., & Keguruan, F. (2020). Peran Orang Tua dalam
Membimbing Anak Pada Masa Study From HomeSelama Pandemi Covid 19. 19–21. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damanik, B. E. (n.d.). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar.
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua , perilaku guru , dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. 6(1),53–61.
Fitroturrohmah, M., & Azizah, M. (2019). Hubungan PeranOrang Tua dengan Prestasi
Belajar SiswaKelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara.
2(September). Karmila. (2016). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas V SDN Pulau Kodingareng Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar.Skripsi.Unuversitas MuhammadiyahMakassar.
Hero, Hermus & Maria Ermalinda Sni. (2018). JurnalRiset Pendidikan Dasar. 01, 129–139. Makmur. (2018). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas IV
SDN Samata Kabupaten Gowa. Skripsi.UnuversitasMuhammadiyah Makassar Mustamin. (2015). Pengaruh motivasi orangtua terhadapprestasi siswa dalam bahasa inggris
di Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Galesong Baru
Published
2022-06-08
Section
Articles