Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja

  • Nasaruddin Nasaruddin PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Nurhaedah A PGSD Universitas Negeri Makassar
Keywords: Keterampilan audio visual menyimak,

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak cerita fiksi siswa yang dilatarbelakangi oleh faktor kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku siswa, siswa yang bersikap pasif dan tidak memperhatikan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencananaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan media audio visual dan keterampilan menyimak cerita fiksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan 25 orang siswa kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, siswa dinyatakan Tuntas secara Individual jika telah mencapai KKM > 65 dan dinyatakan Tuntas secara Klasikal apabila jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai >70%. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar belum mencapai ketuntasan secara klasikal, sebab jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 7 orang dengan persentase 28% kategori Kurang dengan rata-rata nilai 55,7. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang telah mencapai ketuntasan secara klasikal dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang dengan persentase 80% kategori Baik dengan rata-rata nilai 79,9. Jadi, penelitian penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita fiksi kelas IV SD Negeri 294 Inpres Puyan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.

References

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72 Ahmad, Siti Hajar, F. F. A. (2018). 58 Menyimak Cerita Anak, Metode Latihan Eny Maradonah. 6(September), 58–68.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Asyhar, H. R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta. Badawi, A. (2016). Kemampuan Berbahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik
Pendidikan, 25(2), 121–126. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p121
Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta:Rajawali Pers
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e- journal.id/MGR/article/download/1750/574
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79
Hanafi. (2017). Jurnal Pustaka Budaya. Vol. 5, No. 2, Juli 2018. 3(c), 117–128.
Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak
Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta:Rajawali Pers.
Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
Jakarta:Prenada Media Group.
Ma’wa, M. Z., Zahara, R., & Rohartati, S. (2019).
Celebes Education Review
25
Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Cerita Fiksi Pada Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar.
Primaria Educationem Journal, 2(2), 135–143. Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78.
https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867
Nurhadi. (2018). Teknik Membaca. Jakarta:Bumi Aksara.
Nurjamal, Daeng Warta Sumirat, R. D. (2015).Terampil Berbahasa. Bandung:Penerbit
Alfabeta.
Pakpahan, A. F. et. a. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan:Yayasan
Kita Menulis.
Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui
Media Audio Visual Terhadap Motivasi BelajarSiswa.
Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223.
https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.338
Purba, R. A. et. a. (2021). Pengantar edia Pembelajaran.Medan:Yayasan Kita Menulis. Purwanto, W. E., Isdiyanti, S., Hartini, S., & Dahlan, A. (2020). Peningkatan Bahasa
Indonesia Keterampilan Menyimak Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD
Juara Tahun 2020 Tema Berbagai Pekerjaan. 167–176.
Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta:Penerbit
Deepublish.
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran.Banjarmasin:Antasari Pers.
Rohana dan Syamsuddin. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Makassar:Researchgate.
Saputra, Nanda, Sepi Fitri Meilana, Ita Kurnia, Muh.
Rijalul Akbar, Diani Ayu Pratiwi, A. F. W. (2021). Prosa Fiksi dan Drama.
Published
2022-06-08
Section
Articles