HUBUNGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS V SDN RAPPOCINI KECAMATAN RAPOCINI KOTA MAKASSAR

  • Nurhaedah A
Keywords: Verbal, linguistic, membaca cerpen

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas V SDN Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 36 siswa yang merupakan sampel penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling.Data yang dikumpulkan diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan uji analisis inferensial.Hasil uji anaslsis data pada variabel kecerdasan verbal linguistik (X) terhadap minat belajar siswa dalam membaca cerpen (Y). Pada variabel (X) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai maksimal yang diperoleh siswa adalah 91, dan nilai minimum yang diperoleh siswa adalah 70. Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada variable (Y) adalah 78,80 dengan range 21.Sedangkan variabel (Y) data nilai berdistribusi secara normal dengan perolehan nilai rata- rata variabel (Y) yaitu 84,38 dan nilai minimum yang diperoleh siswa adalah 65,63. Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada variable (Y) adalah 75,78 dengan range 18,75. Ternyata nilai sig. 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05 > 0,000. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien analisis data signifikan.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan verbal linguistik terhadap minat belajar siswa dalam membaca cerpen pada siswa kelas V SDN Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

References

Amstrong, T. (2014). Kecerdasan Jamak dalam Membaca dan Menulis. Jakarta: Permata Putri Media.
Amstrong, T. (2003). Sekolah Para Juara Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.
Amstrong, T. (2012). Terjemahan 7 Kinds of Smart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Ariukunto;Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chatib, M. (2012). Orang Tuanya Manusia Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan
Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Grafika, R. S. (2013). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Cet.5. Jakarta: Sinar Grafika
Offset.
Guntur, T. H. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Hamzah B Uno;Masri Kuadrat Umar. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran :
Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik(Teori,Praktik dan Penilaian). Bandung:
Alfabeta.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lwin, M. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan, Terj. Cristine Sudjana
. Jakarta: PT Indeks.
Muhammad Yaumi;Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak,
Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group. Munif Chatib;Alamsyah Said. (2012). Sekolah Anak-Anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak dan
Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Kaifa.
Panitian. (1989). Istilah Pedagogik Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Pedagogik.
Jakarta: PT Rajawali.
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
S, N. (1999). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarwono, S. W. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pres.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembalajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Syarif Hidayat;Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik
Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
W.S, W. (1996). Psikologi Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo.
Wiryodijoyo;Suwaryono. (1989). Membaca : Strategi Pengantar dan Tekniknya. Solo: CV Kharisma.
Yaumi, M. (2013). Pembelajaran Berbasis (Multiple Intelligences) Cet.1. Jakarta: Kencana. Yuliana Nurani Sujiono;Bambang Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:Indeks
Published
2022-06-09
Section
Articles