MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TALKING STICK SISWA KELAS I SD NEGERI 14 JENEPONTO

  • Amir Pada
Keywords: matematika, model pembelajaran, belajar

Abstract

Penelitian ini dilandasi kenyataan bahwa kemampuan pemahamn peserta didik pada mata pelajaran matematika tentan operasi hitung bilangan bulat masih rendah. Peserta didik merasa materi yang disajikan kurang menarik. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan model yang tepat agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang dicobakan dalam penelitian ini adalah Model Kooperatif Learning tipe Talking Stick. Tujuan Penelitian ini adalah; (1) Untuk meneliti penerapan model Talking Stick pada materi operasi hitung pengurangan pada kelas I A SD Negeri 14 JenepontoTahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk menggambarkan proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif learning tipe talking stick pada materi operasi hitung pengurangan di kelas I A SD Negeri 14 JenepontoTahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengukur besarnya hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung pengurangan sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif learning tipe talking stick. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini, dapat dijelaskan bahwa hasil prestasi belajar peserta didik pada saat pra siklus masih rendah, karena rata-rata kelas hanya 59,07 dari nilai KKM yang ditentukan adalah 70 dan persentase ketuntasannya hanya 32,14%. Setelah diterapkan model talking stick pada siklus I memperoleh hasil nilai rata-rata kelas 70,39 dengan persentase ketuntasan 78,57%. Namun masih terdapat peserta didik yang belum melebihi nilai KKM sebanyak 6 orang. Siklus dilanjutkan ke siklus II dan memperoleh hasil nilai rata-rata kelas mencapai 81,03 dengan persentase ketuntasan sempurna 100,00%.

References

Andang, Ismail, 2009. Macam-Macam Metode Pembelajaran. Jakarta: Bharata Aksara.
Gustini. 2009. (http://www.bpplsp-reg-1.go.id)
Heriyanto. 2009. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Revolusi.
Herwono. 2009. Belajar Psikologi. Jakarta: Revousi.
Karso, dkk. 2014. Materi Pendidikan Matematika I. Tangerang: Universitas Terbuka
Kimpraswil, As’adi Muhammad. 2009. Metode Permainan dalam Pembelajaran.
Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.
Nasution, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: Bharata Aksara.
Rahmat, Mastur. 2009. Buku Paket Matematika untuk Kelas I. Jakarta: PT. Sarana Panca Nusa.
Rusfendi. 1998. Pengantar Kepada Peserta Didik, Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Wiliam, Brownell. 1985. Meaning Theory and Drill Theory. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2022-06-10
Section
Articles