PENGARUH PENERAPAN METODE KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV SD INPRES LEMBANG PANAI KABUPATEN GOWA

  • St. Nursiah B PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Nasaruddin Nasaruddin PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Amrah Amrah PGSD Universitas Negeri Makassar
Keywords: Metode, Home visit, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menelaah masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana gambaran penerapan metode home visit  di masa pandemi covid 19? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode home visit terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis  penelitian  Pre- Eksperimen Design. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel menggunakan sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis  statistik  deskriptif  dan  analisis  statistik inferensial yang diawali dengan uji prasyarat yaitu, Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial melalui Paired Sampel t-Test diperoleh nilai  signifikansi  0,000  lebih  kecil  dari  α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode home visit terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa.

References

Aisyah, Jaenuddin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Profit Volume, 4, 10.
Akhiruddin, Sujarwo, & H. Atmowardoyo, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraeni, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa Melalui Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Dan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem
(Revisi). Aswaja Presindo.
Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto Konita. Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 20, 9– 10.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Presindo. Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi
Pressindo.
Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Rajawali Pers.
Maesaroh, E. S., Maarif, S., Setiawan, R., & Munawaroh, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Home Visit Terhadap Peningkatan Kognitif Anak Didik ( Penelitian di SDN Balewangi 1 Cisurupan Garut ). 509–518.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1),
71. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia
%7C
Miguel, J. F. S., González, M., Gascón, A., Moro, J., Hernández, J. M., Ortega, F., Jiménez, R., Guerras, L., Romero, M., Casanova, F., Sanz, M. A., Sanchez, J., Portero and, J. A., & Orfao, A. (2016). Lymphoid subsets and prognostic factors in multiple myeloma. British Journal of Haematology, 80(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Mokodompit, I. S. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19 : Kesiapan Guru , Respon Siswa , Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah Pendahuluan Peraturan Menteri AgamaRepublik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 129.
journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/index Mustofa, Hasanah, L. (2021). IMPLEMENTASI
LAYANAN Home Visit Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Kelas Xii Ips Sman 3 Purwokerto (Universitas Islam Negeri (ed.)). https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products- solutions/factory-automation/index.html
Pagarra, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Kakatua. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6, 205. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Priyatno. (2017). . Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung (1 ed.). Rajawali Pers.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rahmania, S., Hamdani Maula, L., & Khaleda, I. (2021). Perbandingan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Home Visit Dan Sistem Daring. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 94–100.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.179 Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik
Terpadu:Teori Praktik dan Penilaian. PT RajaGrafindo Persada.
Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan. Rajawali Pers. Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatanx.
Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar (1 ed.). Rajawali Pers.
Syifa, L., Nurdyansyah, & Nyong, E. (2020). Implementation of Home Visite Program in Overcoming Student Learning Problems in SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Proceeding of The ICECRS, 6, 9. https://press.umsida.ac.id/index.php/icecrs/articl e/view/385/259
Tohirin. (2019). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) (R. Pers (ed.); Revisi).
Wiyono, D. F., Masruri, N., & Aini, N. (2021). Program “home visit” dalam meningkatkan semangat belajar siswa. 2(1), 51–56.
Yani, F. (2021). Penerapan Layanan Home Visit Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 13 Sumber Marga Telang Desa Sumberjaya. Undergraduate Thesis Thesis, UIN Raden Fatah Palembang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.,
13(April), 15–38.
Published
2022-06-19
Section
Articles