PENERAPAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA DI SMA NEGERI 12 MAKASSAR

  • Nurhidayatullah D STKIP Andi Matappa Pangkep, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • D Salmiati STKIP Andi Matappa Pangkep, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa Pangkep, Sulawesi Selatan, Indonesia
Keywords: perilaku konformitas negatif,teknik assertive training

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat konformitas negatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat perilaku konformitas negatif siswa di SMA Negeri 12 Makassar. 2) Teknik assertive training dapat mengurangi perilaku konformitas negatif di SMA 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 68 siswa dan sampel penelitian sebesar 18 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang   masing-masing   berjumlah   9   siswa.   Penarikan   sampel   dengan   teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala   perilaku   konformitas   negatif   dan   pedoman   observasi.   Analisis   data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat konformitas negatif di SMA 12 Makassar berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan konformitas negatif pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik assertive training. Artinya, penerapan teknik assertive training dapat mengurangi konformitas negatif siswa di SMA Negeri 12 Makassar.

References

Ali, M. & Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik).
Baron, R. A dan Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Jilid II Edisi kesepuluh (terjemahan Djuwita, R). Jakarta: Erlangga
Corey, G. 2009. Teori Dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Jakarta: Refika Aditama
Hurlock, E. B.1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Jakarta: Bumi Aksara.
Mahmud, A dan Sunarty, K. 2012. Teknik-teknik Konseling. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sarwono, S. W. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka
Sarwono, S. W. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka
Siregar, S. 2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W. S dan Hastuti, S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta:Media Abadi
Yusuf, S.H. 2000. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Published
2022-06-21
Section
Articles