Penerapan Media Pop-up book terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD

  • Nur Abidah Idrus PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Lutfi B Universitas Negeri Makassar
Keywords: keterampilan, berbicara, bahasa indonesia

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengatahui adanya pengaruh penerapan media pop-up book dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN No.102 Inpres Bontokadatto. Focus pada penelitian ini yaitu penggunaan media pop-up book dan keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN No.102 Inpres Bontokadatto kabupaten Takalar denhan jumlah 32 siswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kunatitratif, berdasarkan hasil analisi data diproleh hasil dari penelitian yang dicapai pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa masih berada pada kategori kurang dalam penerapan media pop-up book dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan pene;litian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop-up book terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV telah berhasil.

References

Alviolita Widyani, N., & Huda, M 2019. Media Pop-Up Book dalam pembelajaran bercerita. Journal pendidikan bahasa indonesia (vol. 7 Issue 1).
Arsyad Azhar, M.D 2013. Media pembelajaran. PT Rajagrafindo persada, Depok
Celebes Education Review
70
Dewanti, H., E Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (n.d) 2017. Pengembangan media Pop-Up Book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.4, 139-148.
Dibia I Ketut, S. 2018. Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. PT. RajaGrafindo Persada, Depok.
Emindar, E. 2018. Bahasa indonesia pengembangan kepribadian diperguruan tinggi. PT rajagrafindo persada, Depok.
Kadang Eva, S. 2019 & 2020. Keterampilan berbahasa indonesia. Badan pusat penerbit Universitas Negeri Makassar.
Madyawati, Lilis 2016. Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: prenadamedia Muhammad H Andi Junus, A.F. 2011. Keterampilan berbahasa tulis. Badan penerbit
Universitas Negeri Makassar.
Rahmatillah sisi, Syarip hidayat, & Seni apriliya 2017. Media Pop-Up Bok untuk
pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah. Journal ilmiah pendidikan guru
sekolah dasar.
Saidan U.H,S 2016. Pengantar pendidikan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Saddono Kundharu, S. 2012. Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. Jl. Raya
Darwati No. 46 Bandung.
Seni, M.P., Winarto,J., 2016. Penelitian tindakan kelas kompetensi pedagogik. Jakarta:
universitas terbuka.
Setiyaningrum, R. 2020. Penggunaan media Pop-Up Book untuk menghadapi pembelajaran
era pacapandemi covid-19. Universitas Negeri Semarang.
Subhayani, Sa’adilah, & Armia 2017. Keterampilan berbicara. Syiah kuala universitas press. Suharyanti 2011. Pengantar dasar keterampilan berbicar. Surakarta : Yuma pustaka
Susanti Elva, 2020. Keterampilan berbicara. PT Rajagrafindo persada. Depok
Sutoyo, 2021. Tekhnik penulisan penelitian tindakan kelas. Universitas Slamet Riyadi Press. Tarigan, Hendry Guntur, 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:
Angkasa
Telaumbanu Martinus, 2020. Belajar teori dan praktik dalam penelitian tindakan sekolah.
Ahlimedia Press
Published
2022-04-27
Section
Articles