Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa Sekolah Dasar

  • Andi Makkasau PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Erma Suryani Sahabuddin PGSD Universitas Negeri Makassar
  • Andi Nurfadilah PGSD Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran, kooperatif, kemampuan kerjasama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat (i) gambaran penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)  pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Makassar, (ii) gambaran kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), dan (iii) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)  terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian true experiment (experimen penuh) dengan desain pretest-possttest control group design.Teknik pengumpulan data melalui observasi dankuesioner kemampuan bekerjasama. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 70 orang di SD KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling (acak sederhana) sehingga sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan model pembelajaran langsung. Pada tahap Think (Berpikir Individu), Pair (Berpasangan/Berkelompok), Share (Berbagi/Presentasi) pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berpengaruh positif terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Kecamatan Makassar Kota Makassar.

References

Abdullah. 2005.Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arends, R, I, 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Fuad, I. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta. PT RINEKA CIPTA.
Joyce, B,R., Weil, M., and Calhoun, E. 2009. Models Of Teaching: Model-model pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lie, A. 2008. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo Madya.
Poerwadarminta W, J, S.2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai. Pustaka.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sunjaya, W.2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, S. 2010. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suteng, B.2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga
Yusuf, A, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2022-06-27
Section
Articles