PENGGUNAAN METODE BELAJAR BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V UPTD SDN 52 PANASAKKANG KABUPATEN MAROS
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 52 Panasakkang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode belajar joyful learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V.A. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar berbasis joyful learning mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi KKM berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II berada pada kategori baik.
References
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Dini, U., & Pelajaran, T. (2019). Alim | Journal of Islamic Educatioan. I(2), 277–294.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Hamdi, S., & Press, U. H. (n.d.). Metode Pembelajaran Matematika.
Istiqomah, U. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 8(September), 471–482.
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627
Kusfabianto, Ignatius Jodi, Firosalia Kristin, & I. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92.
Luh, N. I., & Karang, G. (2017). Pendidikan matematika sd.
Meningkatkan, Untuk, Belajar, H., Sd, M., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist Awalia Fauzia. 7(April), 40–47.
Meningkatkan, Upaya, Belajar, H., Melalui, M., Demonstrasi, M., Siswa, P., Ii, K., & Werdoyo, S. D. N. (2017). Joyful Learning Journal. 6(2).
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Pemikiran, J., & Vol, I. (2021). : Jurnal Pemikiran Islam Vol. 7, No. 1, Juli 2021. 7(1), 121–141.
Rizki, R., & Pd, W. M. (n.d.). PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK CALON GURU MI / SD (Issue 57).
Sidi, R. R. (2018). Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 39–50.
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158