ANALISIS PERBEDAAN KINERJA GURU YANG SUDAH SERTIFIKASI DAN TIDAK SERTIFIKASI DI UPT SPF SDINPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR

  • UNM
  • UNM
  • UNM
Keywords: analysis, teacher performance, certification

Abstract

This study aims to determine the performance of certified and uncertified teachers and the significant difference between certified and non-certified teachers at UPT SPF InpresPerumnas Makassar City. This study uses quantitative research methods with a descriptive quantitative approach. The subjects in this study were 27 teachers with a questionnaire instrument and then processed with descriptive statistical data analysis techniques and inferential statistical analysis tests. The results of the descriptive analysis test on the performance of teachers who have been certified (X1) and who are not certified (X2). The results of the average value of teacher performance results (mean) for teachers who have been certified (X1) with an average of 85.38 and teachers who are not certified (X2) with an average of 83.71. thus there is a statistical descriptive difference. The results of data analysis obtained the value of sig. 0.029. It turns out that the value of sig. 0.029 is smaller than the probability value of 0.05 or the value of 0.029 < 0.05. Then H0 is rejected and H1 is accepted.

References

A. Muri Yusuf. 2000. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Balai Aksara.
Agung, I. 2014. Mengembangkan Profesionalitas Guru; Upaya meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta: Penerbit Bee Media Pustaka.
Ahmad Rohani, Abu Ahmadi. 2001. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Ani M. Hasan. 2013. Pengembangan Profesinalisme Guru di Abad Pertengahan, Alamat: researchengines.com
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Wajib Belajar. Citra Umbara.
Depdiknas. 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Eka Lestari, Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM. Yogyakarta.
Hanifah dan Julia. 2014. Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Sumedang. UPI Sumedang Press.
Haryati & Rochman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembeljaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II No. 2. Juli 2012.
Kartowagiran Badrun. 2011. Jurnal Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Yogyakarta. FT Universitas Negeri Yogyakarta.
Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mangkuprawira, Sjafri & Aida Vitayala Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia Cetakan Pertama. Bogor. Ghalia Indonesia.
Maolani dan Ucu Cahyana. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mardalis. 2014. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad Nurdin, 2008. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media Group.
Muhammad Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Zen. 2010. Kiat Sukses Mengikuti Sertifikasi Guru. Malang. Cakrawala Media Publisher.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2004. Pedoman Praktis Mengajar. Bandung: Dermaga.
Roestiyah NK. 2001. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.
Roestiyah NK. 2001. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu System. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali.
Sopian Ahmad. 2016. Jurnal Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Sakatiga. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Raudhatul ulum.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, Alimin. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Zakiyah Darajat. 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan
Published
2022-10-05