PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES JIPANG KABUPATEN GOWA
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, di mana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 22 siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Fokus penelitian yaitu penerapan strategi pembelajaran team quiz dan keaktifan belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I di mana keaktifan belajar siswa berada pada kategori “tidak aktif” pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dan berada dalam kategori “aktif”.
References
Helmiati, D. H. (2012). Model Pembelajaran. Yogyajarta: Aswaja Pressindo.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming dengan Bantuan Media Gambar Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau KECAMATAN BANGKINANG Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 18–25.
Nuryati, & Fauziati, E. (2021). Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab . Semarang. jurnal Papeda : jurnal publikasi pendidikan dasar, 3(2), 86–95.
Pamungkas, dkk. (2018) Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu : Jurnal Of Elementary Education, 5(4), 1717–1724.
Putri, D. P. (2020). Penggunaan metode pembelajaran Team Quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458.
Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Setiawati, S. M. (2018). Telaah teoritis: apa itu belajar ? HELPER : Jurnal Penelitian dan Bimbingan, 35(1), 31–46.
Setyawan, R., & Wibowo, S. (2019). Hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII Di SMP Negeri I Kemang Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 24–34.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, VI(2), 93–99.
Sunarti, S. (2018). Peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 167–184.
Yulia, D., & Purnamasari, R. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 8 Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 34–45.
Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 Terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik Covid-19. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 75–88.