MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN PROSES MENULIS DAN ASESMEN PORTOFOLIO SISWA
Abstract
Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Keterampilan menulis karangan siswa disekolah dasar sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian tindajakan kelas. Hasil penelitian menunkukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis siswa mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan pendekatan proses menulis dan asesmen portofolio dapat meingkatkan kemampuan karangan siswa kelas Vb SD Negeri 1 watampone
References
Akhadiah, 2088. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Alzheimer. Portofolio. Available: http//mahirkmm, tripod.com/taksir 1.2003.
Bars, M. 2013. The New Ortodoxy About Writing: Compusing Process and Pedagogy . dalam Languange Art.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Mills, G.E. 2000. Action Recearch : A. Guide for the Teacher Researcher. Colombus: Merril, An Imprint of prentice Hall.
Linda, C, Bruce, dan Dee.2002. Melesatkan Kecerdasan Anak. Bandung: Kaifa.
Mc Taggart, 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Rahmat dan Suherdi, 1998/1999. Evaluasi Pengajaran: Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.
Suparno dan Yunus,M, 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, 1988. Keterampilan Menulis. Bandung: PT. Angkasa.
Tioerney, Robert, M, Carter A, dan Laura, ED, 1991. Potofolio Assesment in Reading-Writing, Norwood: Cristopr Gordon Publishers.
Yus, A. 2006. Penilaian Portofolio untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Dikti.
Wardani, IGK., Penelitian Tindakan Kelas, 2007. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zainal dan Mulyono, 2007. Tes dan Asesmen di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.