PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPS di SD secara garis besar terdin atas ruang lingkup, yaitu IPS dan Sejarah dan dimulai diajarkan di kelas 111 sampai dengan kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa hasil observasi dokumentasi Rencana Pembelajaran (RP), pelaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, dan wawancara tentang faktor yang mempengaruhi guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS Sumber data terdiri atas guru dan siswa kelas III, IV, dan kelas V. Temuan hasil penelitian, adalah (1) guru telah menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan fisik dan non-fisik, (2) pemanfaatan lingkungan fisik dan lingkungan non lingkungan non-t fisik dalam PBM IPS dilaksanakan dengan menghadirkan lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik ke dalam kelas, (3) pemanfaatan lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik dilakukan dengan mengamati gambar, globe, peta, dan Tabel dan terbatas pada semua kelas, dan (4) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik belum menggali potensi pengetahuan awal dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan lingkungan di sekitar mereka. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Pada dasarnya guru telah memahami tentang pentingnya pemanfaatan lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar (2) Frekuensi pemanfaatan lingkungan fisik dan lingkungan non-fisik dalam pembelajaran IPS di SD kurang optimal. (3) Kendala dari aspek biaya, yaitu diperlukan biaya transportasi untuk mengunjungi suatu obyek lingkungan yang dituju.(4) Faktor keamanan, yaitu membawa siswa ke suatu obyek lingkungan belajar secara langsung membutuhkan keamanan yang perlu dipertimbangkan.
References
Ardhana, W., 1990. Prinsip-Prinsip Dasar Metodologi Mengajar. Malang Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi IKIP Malang
Arikunto, S, 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta PT Rincka Cipta. Banks, J.A., 1977. Teaching, Strategis For The Social Studies: Inquiry, Valuang, and Decision Making. Washington: Addison-Wesley Publishing Company
Beach, R & Marshall, J., 1991. Teaching Literature in the Secondary Scholl, New York The Noondy Press
Belen, S.,1990 Belajar Aktif Ilmu Pengetahuan Sonial Jakarta PT Gramedia Cox, C & James, 2, 1993 Teaching Reading with Children's Literature New York
Degeng, INS, 1997 Strategi Pembelajaran Mengorganisasikan Isi dengan Model Elaborasi Malang IKIP Malang Bekerjasama dengan Biro Penerbit IPTPI
Depdikbud, 1999 Kurikulion GBPP Pendidikan Dasar Ilmu Pengetahuan Sovial Jakarta Depdikbud
Dimyati, M. 1988. Landasan Pendidikan Jakarta P2LPTK
Dimyati, M. 1989. Pengajaran Ilmu-le Soxial dh Sekolah Bagian Integral Sistem Ilmu Pengetahuan Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK
Dimyati, M. 1997 Penelitian Kualitatif Parama. Epsomology, Pendelutan Metode, dan Terapan Malang IPTPI dengan Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana IKIP Malang
Dimyati, M. 2000a Akulturusi Teknologi Pendidikan dalam Manyarakat Indi Transicional Malang Program Studi Teknologi Pembelajaran PPS UM
Dimyatı, 2002. Keilmuan Pendidikan Dasar, Malang Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Dumyati & Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran Jakars: Depdikbud
Djahin, KA, dan Daniel E, 1997 Perunguk Guru Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD Kelas 5. Jakarta Balai Pustaka Dworetzky, JP, 1990, Instruction to Child Depelopment St. Paul West Publishing Company
Flington H. & Fercival F, 1984. A Handbook Of Educational Technology London Kogan Page Ltd Ventoville Road Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Pencitraan Kualitatif Surabaya Usala Nasional
Garner, R., Alexander, PA MG. Kulicowich, JM. & Brown, 1991 rest and Learning form Text. American Educational Recearch Journal, 28 (3) 643-659
Goodman, K. 1986 What's Whole in Whole Language? New Hampshire Heinemann Educational Book Hamalik, O 1999 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta PT Bumi Aksara
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar Jakarta PT. Bumi Aksara Hanurawan, F. Waterworth, P. 1995. The Joural of Education dalam A Saukah (Ed) Multikultural Perspektif in Indonesian Social Studies Education Curriculum Journal Education Malang
Hemich R, Molenda, M., & Russel, JD 1993 Instructional Media and the New Technologies of Instruction (4 thod) New York Macmillan Publishing Company
Herman, JL, 1992 A Practical Guide to Alternative Assesment Alexandria ASCD Hasibuan, JJ, Ibrahim, & Toenlioe, AJE, 1991. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro Bandung PT Remaja Rosdakarya
Joice, Bruce, & Weil, M. (1980) Models of Teaching, Second Edition, Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey
Jarohmex, J. 1982 Social Studies in Elementary Education Seth Fdition New York Maacmillan Publishing Co. Inc.
Jon TR, 1985. Alat Penilaian Kemampuan Guru Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Jakarta Universitas Terbuka Depdikbud
Kardi, S & Nur M, 2000. Pengantar Pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelan Surabaya Pusat Studi Matematika dan IPA Unesa
Kemp, Max. 1987 Waching Children Read Wrie Australix. Thomas Nelson
Miles, MB, & Huberman, A M. Tanpa Tamun Analis Dana Kualitang Buk Sumber Tentang Metode-Metode Haru Terjemahan oleh Tjetjep Robendi Rohidi, Cetakan 1 1992 Jakarta Universitas Indonesia
Madhoffit, 1996. Teknologi Instruksional. Bandung: PT Rosdakarya
Muhajir, N. 1998 Metode Penelitian Kualitang Jakarta: Rake Saratin Mutakin A, 1995. Dasar-Dasar Pengorganisasin Program Pengajaran IPS SD Bandung FPIPS. Molcong. LJ., 1995 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandang: PT Remaja Rordakarya.
Molcong, LJ, 1999 Metodologi Penelitian Kualitar Bandung PT Remaja Rosdakarya
Nur, M. 2000 Strategi-Strategi Belajar Surabaya Pusat Studi Matematika dan IPA
Rice, LM, 1999, Social Studies Teachers and Technology Activities for Constructivist Classroom Journalis Society for Information Technology And Teacher Education http www.welcom.comjournal ricehtml
Rubin, D. 1995 Teaching Elementary Language Arts and Integrated Aproach, Boston: Allyn and Bacon Rhoders, LK CD Marling, 1988. Readers and Writers with a Deffrence, Denver
University of Colorado Sadiman, Anf S, Raharjo, R. & Anung H, 1996. Media Pendidikan, Jakarta: CV Rajawali Semi, A. 1989. Anatomi Sastra Bandung Angkasa
Semiawan, CAP, Tangyong, Belen S. Matahelmuan, Y. & Suseloardje, 1998 Pendekatan Keterampilan Proses Jakarta Gramedia Sd D1 2001. Startegi Pendidikan Nasional Malang Forum Komunika PPS Universitas Negeri Malang
Samastmadja, N. 1986b Perspektif Shudh Sosial Bandung Alumni Sumaatmaja, N.,1993 Tuntunan Metodologis Bags pendidikan dan Pembinaan Guru IPS Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2 Bandung FPIPS IKIP Bandung
Soemantri, N.M., 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS Bandung PT Remaja Rosdakarya
Suchram, W. Tampa Tahun Media Besar, Media Kecil: Alat dan Teknologi untuk Pengajaran. Terjemahan oleh Agafur. 1984. Semarang: IKIP Semarang Press
Tompkins, GE 1990 Teaching Wranting Balancing Process and Product New York Macmillan Publishing
Unman, UM, 2001 Menjadi Guru Proferional Bandung PT Remaja Rosdakarya
Wardan, IGAK 1999 Pola Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Kane di SD Sektor Universitas Terbuka Jakarta Malang IPTPI Pusat Jakarta dengan Program Pascasarjana Universitas negeri Malang