PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL), MOTIVASI BELAJAR, DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMKN SOPPENG

  • Universitas Negeri Makassar
  • Universitas Negeri Makassar
Keywords: PJBL, Pemrogramana dasar, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran project based learning, motivasi belajar, sikap siswa, dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL), motivasi belajar, dan sikap siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ SMKN 3 Soppeng pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 111 orang. Besar sampel pada penelitian ini adalah 30 orang yang ditarik dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah inferensial.

References

Hutapea, J., & Simanjuntak, M.P, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA”, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). vol.5, pp.48-55, 2017.
Kurniawan, Agung Widhi dan Puspitaningtyas, Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva, 2016.
Marissa, N, “Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa”, Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.9, pp.32-45, 2022.
Octavia, Shilphy A, Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A, “Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa
SMK”, Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol.18, pp.25-30, 2020 Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1
Yusuf, Muhammad dan Lukman Daris, Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam
Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press, 2018
Published
2022-11-09