Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Pada Ibu Hamil dan Anak Usia Dini

  • Andi Rizki Amelia Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Sri Adinda Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurul Hikmah Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Surahman Batara Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
  • Mansur Sididi Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Program Magister Kesehatan, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Program Keluarga Harapan, Kesehatan ibu dan anak

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan membuka akses KPM bagi ibu hamil dan anak usia dini dalam memanfaatkan fasilitas/layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini merupakan penelitian quasi kualitatif dimana informan ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 7 orang informan yaitu 1 orang informan kunci, 2 orang informan biasa dan 4 orang informan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan penelusuran dokumen.  Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) sudah dilaksanakan dengan baik pembentukan kelompok, verifikasi, dan pemutakhiran data dilakukan rutin dan tepat waktu. Bantuan yang didapatkan sangat membantu peserta PKH untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memudakan akses layanan kesehatan pada ibu hamil dan anak usia dini yang akan berdampak meningkatnya derajat kesehatan. Kesimpulan peneelitian ini dari segi process sudah berjalan dengan baik dari pertemuan awal,  pembentukan kelompok dalam Program Keluarga Harapan (PKH) sudah berjalan dengan baik karena dapat memudahkan pendamping dalam memberikan informasi kepada peserta program keluarga harapan. Lalu verifikasi sudah baik mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada di PKH. Apabila ada salah satu KPM yang tidak sesuai dengan data awal yang tercatat. Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu bidang kesehatan sudah memberi hasil dan dampak yang baik seperti pada kriteria ibu hamil yang rajin memeriksakan kehamilannya di puskesmas, balita melakukan imunisasi dan menimbang di posyandu. Selain itu bantuan yang didapatkan digunakan untuk membeli makanan bergizi, vitamin dan kebutuhan kesehatan lainnya. Memeriksakan kesehatan difasilitas kesehatan dengan adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran pentingnya kesehatan yang akan berdampak pada meningkatnya derajat kesehatan. Penelitian ini memberi saran agar pemerintah daerah meningkatkan kualitas Program Keluarga Harapan (PKH), diharapkan dapat memperkuat dan memaksimalkan kebijakan dalam membantu masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan khususnya dalam bidang kesehatan.

References

Azizah, N. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kelurahan Sepan Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Journal Ilmu Pemerintahan, 7(3).
Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar. (2021). Laporan Data Status Gizi.
Gumabo, A. (2021). Peran Pendamping Program Keluarga Harapan Dalam Verifikasi Dan Pemutakhiran Data. Jurnal Politico, 10(4), 1–14.
Hakim, S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Labangka Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Journal Sosiatri Sosiologi, 6(3), 58–69.
Handayani, N. P. (2021). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Uniersitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Hidayatulloh, A. N. (2020). Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Penerima Manfaat dalam Kajian Program Keluarga Harapan: Tinjauan Empirik Dampak Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Penerima Manfaat. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2), 97–116.
Indawan. (2019). Efektivitas Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Kementerian Sosial Republik Indonesia. Journal Simplex, 2(3), 201–212.
Kementerian Sosial. (2021). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021. Kementerian Sosial Republik Indonesia, p. 76.
Miranda, M., Sunyata, L., & Arifin, H. (2019). Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kelurahan Tanjung Hilir Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(4), 1–14.
Najidah, N., & Lestari, H. (2019). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Of Policy And Management Review, 8(2), 5–7.
Oktaviana, D., & Yusuf, R. A. (2021). The Effect of Health Education Based on the Health Belief Model about Pap Smear Test on Women in Rural District Indonesia. Medico-Legal Update, 21(2).
Putra, G. W., & Pujiyanto. (2020). Evaluasi Dampak Program Keluarga Harapan Terhadap Pemanfaatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk Layanan Persalinan di Indonesia (Analisis Data SUSENAS tahun 2018). Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.7454/eki.v5i1.3898
Setyawardani, D. T. R., Paat, C. J., & Lesawengen, L. (2020). Dampak Bantuan PKH Terhadap Masyarakat Miskin di Kelurahan Bumi Nyiur Kecamatan Wanea Kota Manado. Kebiijakan Publik, 13(2), 1–14.
Timmerman, M. I., Sambiran, S., & Pangemanan, S. E. (2021). Implementasi Kebijakan Jaring Pengaman Sosial Program Keluarga Harapan Dalam Penanganan Covid-19 Di Kelurahan Mahakeret Barat. Jurnal Governance, 1(1), 1–8.
Utami, I. P., Rangga, K. K., Yanfika, H., & Mutolib, A. (2021). Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kota Bandar Lampung. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.32487/jshp.v5i1.901
Published
2022-08-25

Most read articles by the same author(s)