Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning Terhadap Volume Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar

  • F. Fitri Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
Keywords: Segmentasi, Targeting dan Posiotioning, Volume Penjualan

Abstract

Persaingan bisnis global yang semakin ketat telah menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma bisnis dari product-oriented menjadi penyediaan solusi yang memuaskan kebutuhan konsumen. Hal ini telah mendorong kemunculan Strategi Pemasaran. Tulisan ini bertujuan untuk membahas hubungan antara strategi pemasaran melalui kepuasan pelanggan berdasarkan literatur yang tersedia. Berdasarkan kajian yang dilakukan terhadap berbagai literatur tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran melalui kepuasan pelanggan merupakan konsep yang diyakini sebagai jalan menuju sustainability melalui integrasi antara produk dan jasa dalam penyediaan solusi yang memenuhi kebutuhan spesifik konsumen. Meningkatnya kebutuhan kendaraan bagi kosumen Makassar mendorong para pengembang kendaraan untuk menyediakan alternatif solusi kendaraan yang lebih baik. PT Bosowa Berlian Motor Makassar salah satu alternatif pilihan yang tepat bagi konsumen yang menginginkan produk Mitsubishi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran (Segmentasi, Targeting dan Positioning) yang diterapkan oleh PT Bosowa Berlian Motor Makassar terhadap peningkatan volume penjualan mobil. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS 21. Responden penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Mitsubishi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Segmentasi, Targeting dan Positioning berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan.

References

Abdul Manap, “Revolusi Manajemen Pemasaran”, (Jakarta: Mitra Wicana Media, 2016)
Abubakar Herminawati, 2017. Proceeding Tadulako International Seminar, Economics Beyond Borded : Transforming Society in the Global Framework. Untad Press. Pp 226-231
Asri, Marwan. 1991. Marketing. Edisi Pertama. Penerbit UPP-AMP YKPN,Yogyakarta.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Assauri Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Atika Mudhofaroh, “Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Wajib Zakat Di Lazis Jateng Cabang Temanggung”, (Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Manajemen Dakwah, 2015)
Bambang Prasetyo, Metode Penelitian Kuantitatif teori dan Aplikasi, (Jakarta:Raja Grafindo,2005), hal.130
Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta
Damayanti, Reni. 2010. Strategi Peningkatan Omzet Penjualan. Jakarta : Gunung Agung
Debby Tania dan Diah Dharmayanti, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, “Market Segmentasi, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Surabaya”, (Vol. 2, No. 1, 2014)
Dewi, Indah., dkk. 2008. “Pendekatan Relationship Marketing untuk Loyalitas
Pelanggan”. Dalam Sarathi, Volume 15 No.1. Bali.
Firdaus, Yusnizal. 2011. Peranan Biaya Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan, (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Pembiayaan Di Palembang). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntasi (JENIUS), VOL. 1 NO. 2, Pp: 143-152. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research (JMR). Feb1981, 18(1), 39-50. 12p. 1 Diagram. https://doi.org/10.2307/3151312
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.).
Hari Wijaya & Hani Sirine, “Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap”, Jurnal Of Innovation and Entrepreneurship (Vol. 1 No. 03, September 2016)
Kembuan Precylia Cyndi1 , Mananeka Lisbeth2 dan Soegoto Agus Supandi3 , “Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Pembiayaan Mobil pada PT. Sdira Dinamika Multinance TBK Cabang Manado”, Jurnal EMBA, (Vol. 2 No. 3 September 2014)
Kotler, P., & Armstrong, G., 2001. Dasar – dasar Pemasaran, jilid 1. PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G., 2008. Prinsip – prinsip Pemasaran, Edisi ke-12 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga.
Kristanto Jajat, “Manajemen Pemasaran Internasional Sebuah Pendekatan Strategi”, (Jakarta : Erlangga, 2011)
Kusumawati, Andriani. 2011. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan : Kasus Hypermart Malang Town Square (MATOS). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 3. Malang : FE Universitas Jambi.
Lamb, C.W., Hair, J.F., & McDaniel, C., 2009. Pemasaran, buku 1. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Makhalul Ilmi, Teori dan Praktek Mikro Keuangan Syariah, Yogyakarta: UII Press, 2001, hlm. 2. 2 Endah Prapti Lestari, Pemasaran Strategik, hlm. 2
Mudrajad Kuncoro dan Suhardjono. 2012. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: BPFE.
Nova Anjar. (2012). Analisis Harga dan Produk pada Penjualan. Universitas Negeri Semarang.
Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2. Semarang : FT Universitas Negeri Semarang.
Ravindra Safitra H, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, “Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea”, (Vol. 6 No. 1 April 2017).
Tjiptono, Fandi,. dan Diana Anastasia. 2000. Total Quality Management.
Yogyakarta : Penerbit Andi. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy Gregorius Chandra, dan Dadi Andriani. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy. (2014) Pemasaran Jasa, Cetakan ke-4. Yogyakarta: C. V Andi Offset.
Triyadi, DT. 2010. Aspek – Aspek Pengaruh Omzet Penjualan Produk. Jakarta : Eka Persada
Published
2022-08-27