Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Minat Beli Masyarakat Pada PT. Suracojaya Abadi Motor Makassar

  • Andi Muhammad Irwan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Maju
  • A. Agustiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Maju
  • A. Adi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Maju
Keywords: Citra Merek, Promosi, Minat Beli

Abstract

Citra Merek dan Promosi merupakan dimensi terpenting dalam memengaruhi Minat Beli Masyarakat di era kompetitip, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Minat Beli Masyarakat Pada PT. Suracojaya Abadi Motor Makassar secara parsial maupun secara simultan. Lokasi penelitian ini di kota Makassar, dimana responden dari penelitian ini adalah Masyarakat Kota Makassar. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data primer yang berasal dari jawaban responden melalui kuesioner yang telah dibagikan. Pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Pachkage For Social Science) dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) secara parsial citra merek meliki pengaruh yang postif dan signifikan terhadap minat beli. 2) promosi memiliki pengaruh postif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli. 3) secara simultan citra merek dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kata Kunci : Citra Merek, Promosi dan Minat Beli.

References

A Ahmad, M., & Kalangi, J. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25–31. https://doi.org/10.35797/jab.10.1.2020.28826.25-31
Arifin, E., & Fachrodji, A. (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Arista, D., & Sri, R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Aset, 13(1), 37–45.
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
Lafferty, B. A., & Goldsmith, R. E. (1999). Corporate credibility’s role in consumers’ attitudes and purchase intentions when a high versus a low credibility endorser is used in the Ad. Journal of Business Research, 44(2), 109–116. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(98)00002-2
ll. Arlina, E. Rini, H. M. (2008). Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepatu Boenot Umkm Kisaran. Jurnal Ilmu Manajeme, 1–9.
Philip, K., & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. 342.
Pradipta, H. O. (2015). Pengaruh citra merek, periklanan terhadap minat beli konsumen thermometer onemed di surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 1–19.
Prawira, B., & Yasa, N. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.
Priyono, E., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Analysis Pengaruh Citra Merek,Strategi Promosi, Atribut Produk, Harga terhadap Minat Berkunjung serta pengaruhnya terhadap Minat Beli. Journal of Management, 2(2), 110. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/576
Pujadi, bambang. (2010). Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), Vol. 9, 59–76.
Satria, D. A., & Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 398–408. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/52
Singh, H. (2018). Marketing Management. In Essentials of Management for Healthcare Professionals. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17
Studi, P., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2019). Pengaruh promosi dan citra merek terhadap minat beli produk oleh-oleh pesisir di kabupaten pangandaran the effect promotion and brand image on purchase intention of product oleh-oleh pesisir kabupaten pangandaran. 6(2), 4460–4466.
Trafimow, D. (2009). The Theory of Reasoned Action. Theory & Psychology, 19(4), 501–518. https://doi.org/10.1177/0959354309336319
Zafar, Q., & Rafique, M. (2012). Impact of Celebrity Advertisement on Customers’ Brand Perception and Purchase Intention. Asian Journal of Business and Management Sciences, 1(11), 53–67. http://www.ajbms.org/articlepdf/ajbms201211i11104.pdfSiew-Phaik Loke, Ayankunle Adegbite Taiwo, Hanisah Mat Salim, And A. G. D. (2011). Service Quality And Customer Satisfaction In A Telecommunication Service Provider. 2011 International Conference On Financial Management And Economics, 11, 24–29.
Sumarwan, U., Achmad, F., Adman, N., Arissetyanto, N., Erry, R. N., Ign, A. S., Suharyono, & Zeffry, A. (2010). Pemasaran Strategik: Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja. Ipb Press.
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan An Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. Https://Doi.Org/10.18196/Jmmr.6122
Supriyanto, S., & Oktaviani, H. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan (1st Ed.). Cv Andi Offset.
Suryaningrat, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Yarsi Pontianak). In Jurnal Ilmiah Ibnu Sina (Vol. 3, Issue 1).
Swasty, W. (2016). Branding: Memahami Dan Merancang Strategi Merek. Pt Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy, & Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Cv Andi Offset.
Yenni, O. :, & Abstrak, M. A. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Vol. 2, Issue 2).
Published
2022-08-27