Pentingnya Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Dalam Membangun Kepuasan dan Loyalitas

(Studi Pada Pelanggan Babershop99)

  • R. Ripan Universitas Stikubank
  • Euis Soliha Universitas Stikubank
Keywords: Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya Pentingnya Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Dalam Membangun Kepuasan dan Loyalitas.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna jasa di Barbershop99, Kandeman Batang yaitu berjumlah 170 orang. Dalam  penelitian  ini  tidak  seluruh  anggota  populasi  diambil, melainkan  hanya  sebagian  dari  populasi. Jumlah responden sebanyak 170 orang tersebut dianggap sudah representative karena sudah lebih besar dari batas minimal sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang dilakukan berupa analisis regresi linier menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dan juga persepsi harga dan kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan lalu persepsi harga yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan .

References

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. 2011.

Amir, M Taufiq. 2005. Manajemen Retail. Jakarta: Penerbit PPM.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Arikunto, S. Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Beatty, Kahle, Homer. 1988. “The Involvement Commitment Model:Theory and Implications. Journal of Business Research.Vol. 16, Hal 149-167.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lovelock, Christhoper, dkk. 2011. Pemasaran Jasa (Manusia, Teknologi, Strategi). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mardalis, Ahmad 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. E-Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta

Niel Dhesta Cavalera dan Euis Soliha 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Citra Bank Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng Cabang Utama SEMARANG

Karisma Nawang Sigit dan Euis Soliha 2017. Kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Agus Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta: Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya Dalam Pemasaran.

Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published
2022-09-09