Pentingnya Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Dalam Membangun Kepuasan dan Loyalitas
(Studi Pada Pelanggan Babershop99)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya Pentingnya Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Dalam Membangun Kepuasan dan Loyalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna jasa di Barbershop99, Kandeman Batang yaitu berjumlah 170 orang. Dalam penelitian ini tidak seluruh anggota populasi diambil, melainkan hanya sebagian dari populasi. Jumlah responden sebanyak 170 orang tersebut dianggap sudah representative karena sudah lebih besar dari batas minimal sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang dilakukan berupa analisis regresi linier menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dan juga persepsi harga dan kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan lalu persepsi harga yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan .
References
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. 2011.
Amir, M Taufiq. 2005. Manajemen Retail. Jakarta: Penerbit PPM.
Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Arikunto, S. Dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Beatty, Kahle, Homer. 1988. “The Involvement Commitment Model:Theory and Implications. Journal of Business Research.Vol. 16, Hal 149-167.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lovelock, Christhoper, dkk. 2011. Pemasaran Jasa (Manusia, Teknologi, Strategi). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mardalis, Ahmad 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. E-Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta
Niel Dhesta Cavalera dan Euis Soliha 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Citra Bank Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng Cabang Utama SEMARANG
Karisma Nawang Sigit dan Euis Soliha 2017. Kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Agus Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta: Bandung.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya Dalam Pemasaran.
Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Copyright (c) 2022 R. Ripan, Euis Soliha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOURNAL POLICIES / PLAGIARISM AND COPYRIGHT INFRINGEMENT
Authors are responsible for ensuring that their works are unique and that they fully acknowledge the source of any content which is not entirely the authors’ own. The journal will check articles for plagiarism (i.e. reproducing any content without attribution and permission) using Crosscheck / Similarity Check and considers the inclusion of plagiarised content to be misconduct by the authors.