A Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang

  • Eti Yusrianti Politeknik Negeri Ujung Pandang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karya tulis ilmiah mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang. Penelitian ini dianggap perlu mengingat karya tulis ilmiah isinya harus memuat kebenaran, bukan hanya benar dari keilmuan akuntansinya, akan tetapi juga benar dari segi tata bahasanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode simak yang dilakukan dengan teknik baca dan catat untuk mengumpulkan data jenis kesalahan pengggunaan ejaan bahasa Indonesia yang ditemukan pada karya tulis ilmiah mahasiswa kemudian mengklasifikasikannya. Seluruh jenis karya tulis ilmiah mahasiswa akuntansi adalah populasi penelitian yang kemudian diambil sampel sepuluh karya tulis ilmiah berupa Tugas Akhir dan atau makalah dengan menggunakan teknik simple random sampling dalam penentuannya.

Hasil analisis penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karya tulis ilmiah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang menunjukkan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan pemakaian tanda baca dan penulisan kata. Kedua jenis kesalahan ini ditemukan hampir pada seluruh sampel penelitian dibandingkan dengan jenis kesalahan fonologis yang lain (kesalahan pemakaian huruf dan unsur serapan). Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa belum sepenuhnya memahami kaidah bahasa Indonesia dalam tulisan ilmiah, khususnya dalam penerapan pemakaian tanda baca dan penulisan kata.

Kata Kunci : Kesalahan Fonologis, Kaidah Bahasa Indonesia, Ejaan Bahasa Indonesia

Published
2020-09-24
Section
Articles